Artikel BRP KS

8 Tips Jitu Perawatan Motor Honda Beat Injeksi

SEPTEMBER,14 2018

Motor Honda Beat Injeksi merupakan salah satu jenis sepeda motor yang paling banyak diminati oleh kebanyakan pengendara motor di Indonesia. Terlebih lagi apabila Anda memperhatikan kendaraan roda dua di jalanan, hampir keseluruhan didominasi dengan motor bertransmisi otomatis ini, hal tersebut dikarenakan motor honda beat lebih praktis dan lebih mudah untuk dikendarai. Sekarang ini kebanyakan orang lebih memilih motor matic yang memakai sistem injeksi ketimbang menggunakan sistem konvensional, alasannya karena masih menggunakan karburator. Sistem injeksi mempunyai keunggulan yang terlihat sangat mencolok apabila dibandingkan dengan motor matic yang menggunakan karburator. Hal tersebut bisa diamati dari penggunaan bahan bakar yang jauh lebih irit pada motor matic injeksi, didukung performanya yang optimal dan mampu menjadikan umur mesin lebih awet.

Meskipun mempunyai kelebihan yang menonjol dari motor matic yang masih menggunakan karburator, bukan berarti motor injeksi ini dirawat dengan cara biasa saja. Agar dapat mempertahankan performa pada mesinnya, anda perlu memperhatikan tentang cara perawatan motor beat injeksi dengan baik dan benar. Nah, daripada Anda bingung bagaimana cara perawatan terbaiknya, berikut ini ada 8 tips jitu perawatan motor honda beat injeksi :

motor honda beat injeksi

8 Tips Jitu Perawatan Motor Honda Beat Injeksi

Tips pertama

Menghindari penggunaan bahan bakar oplosan dan memperhatikan kondisi tangki. Sebaiknya Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin agar bisa menunjang performa pada mesin honda beat injeksi tersebut. Usahakan jangan mengisi bahan bakar hasil oplosan karena mempengaruhi proses pembakaran dan berdampak pada performa pada mesin motor. Hindari juga mengisi bahan bakar dalam kondisi tangki keseringan kosong, hal tersebut akan berdampak motor matic cepat mogok dan membuat motor matic injeksi tersebut cepat mengalami kerusakan.

Tips Kedua

Melakukan pemanasan pada mesin dengan kick starter di pagi hari. Sangat penting sekali melakukan pemanasan sekitar 5 hingga 10 menit pada motor honda beat injeksi di pagi hari / ketika Anda menginginkan menggunakan motor setelah lama tidak terpakai atau setelah hujan yang cukup lama. Hal ini bertujuan agar menjadikan bagian dalam mesin bisa dilumasi secara keseluruhan dan suhu mesin motor tetap stabil sekaligus untuk menyempurnakan proses pembakaran pada bahan bakar sebelum motor mulai digunakan.

Tips Ketiga

Melakukan penggantian oli gardan secara baik dan benar. Umumnya apabila melampui jarak tempuh 1.500 – 2.000 km, maka perlunya melakukan penggantian oli.

Tips Keempat

elakukan pemeriksaan kondisi shockbreaker. Agar bisa menghindari shockbreaker cepat bengkok / daya tahannya menurun, motor matic jangan diberikan beban yang berlebihan. Oli shockbreaker perlu diganti jika telah mencapai penggunaan jarak tempuh 10.000 km atau periksakan ke bengkel apabila motor matic injeksi tersebut mengeluarkan suara yang tidak biasa.

Tips Kelima

Memeriksakan kondisi Roller dan V-Belt. Ada baiknya Anda harus segera mengganti roller dan v-belt dengan menggunakan yang baru dan sparepart asli pada motor honda beat injeksi.

Tips Keenam

Memeriksa kondisi busi dan aki. Agar dapat menjaga performa motor matic injeksi selalu bertenaga dan prima, sangat diperlukan perawatan pada komponen aki dan busi. Anda harus memperhatikan dengan teliti mengenai ciri-ciri busi dan aki motor yang telah mengalami kerusakan dan perlu menggantinya dengan yang baru agar bisa menghindari resiko motor mengalami kemogokan dijalan.

Tips Ketujuh

Memeriksa kondidi ECU secara berkala. ECU adalah komponen inti yang mengatur sistem injeksi yang beroperasi pada motor matic. Komponen tersebut bekerja dari sistem injektor sampai takaran penyemprotan bahan bakar. Jika komponen ECU ini mengalami masalah maka akan terjadi kemogokan pada mesin motor. Untuk itu Anda perlu melakukan pemeriksaan secara rutin kondisi ECU pada motor honda beat injeksi agar kondisinya tetap dalam kondisi baik.

Tips Kedelapan

Mengendarai motor matic dengan baik dan sewajarnya. Motor matic memang lebih mudah penggunaanya dibanding motor manual, walaupun mempunyai sistem persneling otomatis tidak berarti motor matic bisa digunakan melebihi batas kecepatannya. Nah, untuk itu agar motor motor matic tetap awet dan tidak cepat rusak maka sebaiknya diperhatikan cara penggunaannya dengan baik dan hindari terlalu sering menggunakan motor pada kecepatan tinggi kemudian secara mendadak melakukan pengereman atau melaju menggunakan sepeda motor pada kecepatan yang tidak beraturan.

- Promo Kredit Motor Honda Beat

Itulah informasi mengenai tips jitu perawatan motor Honda Beat injeksi, apabila Anda ingin kredit motor Honda Beat injeksi bisa langsung ke BPR KS, berbagai pelayanan dan penawaran terbaik akan menanti Anda..