Artikel BRP KS

Tips Memilih Oli Mesin yang Baik Untuk Mitsubishi Xpander

SEPTEMBER,14 2018

Memilih oli mesin yang baik tentunya akan berdampak besar terhadap mesin mobil yang dimiliki. Pemilihan oli mesin yang tepat tentunya bisa memperpanjang umur pada mesin mobil tersebut, karena mesin pada sebuah mobil mempunyai aspek dan berperan penting pada kinerja suatu mobil.

Sewaktu pengguna memilih oli mesin yang sembarangan pada mobilnya, hal tersebut tidak akan berdampak secara langsung setelah pemakaian tetapi akan muncul dalam waktu yang lama (jangka panjang). Oleh karena itu, guna mencegah kerusakan yang parah terhadap mesin mobil di masa mendatang sebaiknya Anda harus menjaga dan merawat mesin mobil dengan baik. Usahakan Anda bisa memilih oli yang terbaik dan melakukan penggantian oli mesin dengan tepat waktu agar mesin pada mobil Anda bisa berfungsi secara maksimal.

memilih oli mesin

Pengantian oli yang dilakukan di waktu yang tidak sesuai, tentunya akan menimbulkan resiko yang cukup fatal terhadap kondisi mesin mobil tersebut. Selain itu kini banyak berbagai varian oli mobil yang banyak beredar di pasaran, hal inilah yang akan membuat para pemilik mobil bingung untuk menentukan pilihannya.

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Xpander

Dalam memilih oli mesin, Anda harus benar-benar teliti memilihnya terutama pada mobil Mitsubishi Xpander. Oli mobil yang mahal bukan berarti baik dan cocok pada kondisi mobil Anda. Pilihlah oli mobil yang tepat dengan kebutuhan mobil tersebut supaya dapat memberi dampak yang optimal terhadap performanya.

Sebagian orang beranggapan bahwa peran memilih oli mobil hanya sebatas pelumas mesin, namun anggapan tersebut salah besar. Oli mempunyai fungsi yang sangatlah penting selain sebagai pelumas mesin yaitu sebagai pendingin, anti karat dan penutup celah pada dinding mesin. Dengan adanya sebuah oli mesin inilah pergesekan antar komponen di bagian bawah kap mesin menjadikannya semakin halus dan tidak mengakibatkan kerusakan satu dengan yang lainnya.

Kebanyakan orang tentu masih bingung memilih oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan mobil, padahal ini merupakan salah satu hal penting guna menjaga kondisi mobil tetap baik. Nah, Parameter SAE (Society of Automotive Engineers) merupakan salah satu parameter yang dapat difungsikan dalam memilih sebuah oli mobil. Biasanya alat ini mempunyai kode spesifikasi pada mesin mobil dengan bertulis 5W-50, 15W-50, 15W-40 dan lainnya.

Cara membaca kode spesifikasi SAE yakni pada huruf ‘W’ di belakang angka merupakan singkatan dari winter. Sebagai contohnya SAE 15 W-50, kode ini memberi petunjuk bahwa oli ini mempunyai kekentalan SAE 15 terhadap kondisi suhu dingin dan mempunyai kekentalan SAE 50 terhadap kondisi untuk suhu yang panas. Dengan cara memilih oli mesin inilah yang nantinya akan memberikan perlindungan optimal walaupun mesin dihidupkan dalam kondisi sangat ekstrim sekalipun.

Sebagai pemilik mobil Anda juga harus memperhatikan sertifikasi yang dimiliki oleh sebuah oli yang dijual di pasaran. Beberapa badan mengeluarkan sertifikasi seperti API, ACEA, ILSAC dan JASO. Dengan memilih oli mesin yang sudah tersertifikasi inilah berarti telah terjamin standar dan kualitasnya.

Salah satu cara termudah untuk memilih jenis oli yang tepat untuk digunakan mobil Anda adalah dengan melihat buku panduan dari mobil tersebut. Usahakan jangan terpaku oleh satu merk saja, utamakan Anda memilih oli yang sesuai berdasarkan spesifikasi pada mesin mobil yang tertera di dalam buku panduan tersebut.

Oli mesin dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan bahan pembuatannya yaitu oli sintesis dan oli mineral. Namun Oli Sintesis lebih unggul dibanding Oli mineral karena bisa melumasi mesin secara sempurna dalam kondisi apapun. Sementara pada oli mesin yang cocok untuk Mitsubishi Xpander yakni oli dengan tingkat kekentalan paling encer di kelas low MPV seperti SAE 0W-20. Pemilihan oli dengan SAE encer inilah yang bisa digunakan di wilayah yang mengalami musim dingin, menurut penjelasan dari pihak Mitsubishi Xpander secara langsung. Hal tersebut bertujuan agar performa dan fuel efisiensinya tetap berjalan dengan baik. Untuk masa penggantian olinya sendiri bisa dilakukan setiap 10.000 km.

- Kredit Xpander Murah

Itulah beberapa informasi mengenai tips memilih oli mesin yang baik untuk Mitsubishi Xpander, semoga bermanfaat. Apabila Anda ingin membeli mobil Xpander secara kredit bisa hubungi langsung ke BPR KS dan dapatkan penawaran serta pelayanan terbaiknya.